Materi TLJ : 3.1 Memahami ragam aplikasi komunikasi data.


Memahami Ragam Aplikasi Komunikasi Data

Pengertian Komunikasi Data
Komunikasi Data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih alat yang terhubung dalam sebuah jaringan.

Komponen-komponen Komunikasi Data:
§  Pengirim : Piranti atau perangkat yang mengirimkan
§  Penerima : Piranti atau perangkat yang menerima
§  Data :  Bahan/informasi yang dipindahkan atau dikirimkan
§  Media Pengiriman : Media yang digunakan untuk mengirimkan data
§  Protokol :  Aturan yang menyesuaikan atau menyelaraskan hubungan

Komunikasi dibagi menjadi 3 bagian, meliputi:
1.    Komunikasi Audio
2.    Komunikasi Video
3.    Komunikasi Audio Video

Pengertian Komunikasi Audio
Komunikasi Audio adalah bentuk komunikasi yang dilakukan dan terjadi melalui media audio atau suara.

Contoh Komunikasi Audio: Telepon, Radio

Keuntungan Komunikasi Audio:
1)    Harga murah dan variasi program lebih banyak
2)    Sifatmya mudah untuk dipindahkan
3)    Dapat digunakan bersama-sama dengan alat perekam radio
4)    Dapat merangsang partisifasi aktif pendengaran

Kelemahan Komunikasi Audio:
1)    Memerlukan suatu pemusatan pengertian pada suatu pengalaman yang tetap dan tertentu, sehingga pengertiannya harus didapat dengan cara belajar yang khusus.
2)    Media Audio yang menampilkan simbol digit dan analog dalam bentuk auditif adalah abstrak sehingga pada hal-hal tertentu memerlukan bantuan pengalaman visual.
3) Karena abstrak, tingkatan pengertiannya hanya bisa dikontrolmelalui tingkatan penguasaan perbendaharaan atau kata-kata atau bahasa saja.
4)    Media ini hanya dapat melayani orang yang mempunyai kemampuan berfikir abstrak.
5)    Penampilan melalui ungkapan perasaan atau simbol analog lainnya dalam bentuk suara harus disertai dengan perbendaharaan pengalaman analog tersebut pada si penerima.

Pengertian Komunikasi Video
Komunikasi Video adalah bentuk komunikasi yang dilakukan dan terjadi melalui video atau visual.
Contoh Komunikasi Video: Televisi

Keuntungan Komunikasi Video:
1)    Dapat digunakan untuk menyampaikan informasi tanpa harus bertemu penerima.
2)    Dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain tanpa mengenal waktu
3)    Dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Kelemahan Komunikasi Video:
1) Sebagaimana media audio-visual yang lain, video juga terlalu menekankan pentingnya materi ketimbang proses pengembangan materi tersebut;
2)    Pemanfaatan media ini juga terkesan memakan biaya tidak murah
3)  Penanyangannya juga terkait peralatan lainnya seperi videoplayer, layar bagi kelas besar beserta LCDnya, dan lain-lain.

Pengertian Komunikasi Audio Video
Komunikasi Audio Video atau Komunikasi Audio Visual adalah dapat berkomunikasi secara Real-time yang datanya dapat berupa Audio dan Visual.

Contoh Komunikasi Audio Video:  Whatsapp, Skype, Google Duo.

Keunggulan Komunikasi Audio Video: 
1)   Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata-kata, tertulis atau lisan belaka)
2)    Mengatasi perbatasan ruang, waktu dan daya indera.

Kelemahan Komunikasi Audio Video : 
1)  Terlalu menekankan pentingnya materi ketimbang proses pengembangannya dan tetap memandang materi audio-visual sebagai alat Bantu guru dalam mengajar.
2)    Terlalu menekankan pada penguasaan materi dari pada proses pengembangannya dan tetap memandang materi audio visual sebagai alat Bantu guru dalam proses pembelajaran. Media yang beoriantsi pada guru sebernarnya
3)    Media audio visual cenderung menggunakan model komunikasi satu arah.
4)  Media audio-visual tidak dapat digunakan di mana saja dan kapan saja, karena media audio-visual cenderung tetap di tempat.

FUNGSI DAN TUJUAN KOMUNIKASI DATA:
1.    Efisiensi pengiriman data dlm jmlh besar (tanpa kesalahan dan ekonomis)
2.  Memungkinkan penggunaan sistem komputer & peralatan pendukungnya dr jauh (remote computer use)
3.  Sistem komunikasi data memungkinkan orang dan bisnis yang mempunyai lokasi geografi berlainan dapat saling berkomunikasi.
4.  Mendukung manajemen dlm hal kontrol krn memungkinkan penggunaan sistem komputer secara terpusat maupun tersebar
5.  Memungkinkan kemungkinan pengelolaan data dan pengaturan data yg ada dlm berbagai macam sistem komputer
6.    Mengurangi waktu untuk pengolahan data
7.  Mendapat data langsung dari sumbernya atau memperoleh data bisnis selagi data tersebutdibuat (online)
8.    Mempercepat penyebaran informasi



1 komentar: